Jumat, 14 April 2017

Afford diikuti gerund atau to infinitive?

Kemarin, saya iseng-iseng menonton pembahasan jawaban untuk soal STAN di sebuah situs belajar online yang berbasis video. Karena saya nggak punya voucher situs tersebut, review jawaban yang bisa dilihat ya hanya satu soal. Berikut adalah soal yang dibahas, ini dari USM STAN tahun 2014.

If people have to pay cash to buy an expensive condominium, nobody can afford … it.
(A) buy
(B) buying
(C) to buy
(D) for buying
Karena ingin belajar bagaimana cara menjelaskan yang baik, saya putarlah video tersebut. Sayangnya, jawaban yang saya dapati berbeda dengan yang telah saya pelajari. Di video tersebut, narator menjelaskan bahwa jawabannya adalah B. buying dengan alasan setelah kata afford diikuti gerund. Padahal, afford dalam buku Understanding and Using English Grammar karya Betty Schrampfer Azar, masuk ke dalam kata yang lazimnya diikuti langsung dengan to infinitive. Afford pun tidak masuk dalam daftar kata yang dapat diikuti langsung baik oleh gerund maupun to infinitive.  
Jadi seharusnya, kalimat tersebut menjadi, If people have to pay cash to buy an expensive condominium, nobody can afford to buy it. Dengan begitu, jawaban yang benar adalah C. to buy bukan B. buying. Saya jadi bertanya-tanya, tidak direview dulu kah video pembahasan mereka sebelum ditayangkan?  

3 komentar:

  1. masyaAllah kayaknya harus les bahasa inggris nih,, ternyata ada penjelasannya semua ya. saya modal nebak aja jawabannya c (malah sempet ragu mungkin D juga) karena kayaknya cocok aja to buy hehe

    BalasHapus
  2. bukan tidak direview, tapi memang ada saatnya afford diikuti dengan gerund.

    BalasHapus
  3. Saat seperti apa afford diikuti gerund? Tentu menambah wawasan saya dan pembaca lainnya jika Anda dapat kemukakan landasannya.

    BalasHapus

jangan segan-segan berkomentar :)